Pria Sejati Jakarta

«

»

Nov 29

Kuasa Perkataan

“Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang tulang.”

Penduduk kepulauan Salomon di Pasifik Selatan, punya salah satu kebiasaan menarik. Mereka sering meneriaki pohon. Tujuannya supaya pohon itu mati. Biasanya, pohon dengan akar yang sangat kuat dan sulit dipotong dengan kampak yang mendapat terapi teriakan ini. Mereka lakukan teriakan berjam-jam, selama kurang lebih 40 hari. Pohon yang diteriaki itu per-lahan2 daunnya akan mulai mengering, dahannya mulai rontok, dan mati perlahan-lahan. Dengan demikian, pohon itu dapat ditumbangkan dengan mudah.

Kita bisa belajar satu hal dari mereka. Mereka telah membuktikan bahwa teriakan yang dilakukan terhadap makluk hidup tertentu akan menyebabkan ia kehilangan rohnya. Sama seperti kebiasaan buruk kita. Setiap teriakan kita kepada makhluk hidup tertentu, mematikan rohnya.

Pernahkah kita berteriak…Ayo cepat!…Dasar lelet!…Bego banget sih?…Gitu aja nggak bisa!…Jangan cerewet bisa nggak?…Kenapa sih makan aja berceceran?…Saya menyesal kawin dengan kamu!…Dasar bego!…Dasar goblok!…Begitu saja tidak bisa?.

Teriakan-teriakan yang kita keluarkan karena emosi kita, perlahan-lahan  pada akhirnya akan “Membunuh roh kita” yang telah melekatkan hubungan kita. Nah, tahukah anda mengapa orang yang marah dan emosional, menggunakan teriakan-teriakan, padahal jarak pikiran (otak) mereka dengan perasaan (hati) hanya beberapa centimeter saja?.

Ya, meskipun secara fisik mereka dekat, tapi semua itu dapat begitu jauh apabila kita lepas kontrol.

Oleh karena itu, mari kita kelola emosi jiwa kita. Sehingga kita tidak memiliki andil dalam diri orang lain yang berpotensi merusak rohnya. Atau semakin membuat rusak hubungan kita dengan sesama?. Kecerdasan emosi yang baik dan tertata, akan membukakan jalan-jalan kehidupan kita dimasa depan.

Posting By : Handali Kanali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

This site is protected by WP-CopyRightPro